خلية النحل

Pertama kali mama bikinin ini wktu aku msh SD. Mama dapat resepnya dari kenalan baru waktu itu (sekarang udah bukan sekedar kenalan baru lagi😂). Dan beberapa kali pulang ke Makkah kemaren aku minta dibikinin lg tapi mama bilang udah lupaa cara bikinnya jadi ga kesampaian😆


Nah terus aku ketemu resepnya di instagram, akhirnya coba bikin sendiri dan alhamdulillah bisa dibilang berhasil kalau buat percobaan pertama💃👏 Kekurangannya mungkin bentuknya belum rapi montok mulus banget hehe, masih perlu belajar ngebuletinnya biar rapi😄 Ini kue bikin kgn masa kecil banget siii😭


Karena aku bikinnya seloyang, lumayan banyakkk kalo dimakan sendiri hehe jadi besoknya aku ke rumah nenek nganterin rotinya, lumayan buat cemilan kakek & nenek sambil ngeteh(?)😆 Cara bikinnya sebenernya ga susah-susah amat, cuman harus telaten dan bener-bener yakin pengen ngebaking😅 Ini dia👇


🍞🍞🍞

1. Thangzhong:
- 30 g tepung
- 150 ml air
Campur keduanya dlm wajan (aku teflon spya ga lengket). Aduk rata sampai ga ada gumpalan tepung lg, hidupkan api keciiil, aduk sampai mengental. Jgn ditinggal ya. Stlah cukup kental, matikan api. Sisihkan.
🍞🍞🍞
2. Adonan:
Bahan
- Tepung 350 g (boleh tepung protein tinggi 250 g + 100 g tepung protein sedang. Saya 350 g tepung protein sedang smua)
- susu bubuk 20 g (optional. Saya ga pake)
- ragi instan 5 g
- gula 40 g
- telur 1 butir
- susu cair hangat 70 ml (saya makai air hangat aja)
- garam 5 g
- mentega 30 g
- keju potong dadu kecil untk isian
Cara membuat
- Masukkan tepung, susu bubuk, ragi, gula, telur ke dlm wadah.
- Masukkan telur & thangzhong yg sdh dibuat td
- Tambahkan susu cair hangat/air hangat.
- Uleni sampai tercampur
- Masukkan garam & mentega. Uleni lg sampai kalis.
- Setelah kalis, biarkan adonan ngembang krglbh 1 jam.
- Sambil nunggu ngembang, kita potong keju untk isian, ukurannya sesuai selera. Kalau doyan keju bisa besaran dikit.
- Setelah adonan ngembang, bagi jd ukuran kecil (saya krglbh 15 g).
- Pipihkan setiap adonan kecil, isi dgn potongan keju, lalu bulatkan.
- Letakkan di loyang yg sdh diolesi mentega. Lakukan smpai loyang penuh
- Jgn terlalu berdesakan nyusun bulatan adonannya, krna nanti dia ngembang.
- Stlah selesai disusun dlm loyang, diamkan lg 30mnt-1jam (sambil nunggu adonan, kita bisa panaskan oven).
- Olesi permukaan adonan dlm loyang dgn susu cair (susu bubuk+air). Masukkan dalam oven.


🍞🍞🍞
3. Finishing
Smbil nunggu roti matang, kita bikin kuah gula
- ke dlm wajan masukkan air 1.5 gelas belimbing, gula pasir (sesuai selera), sedikit vanili. Aduk dgn api kecil spya gula cpt leleh. Matikan api, sisihkan
- Kluarkan roti yg sdh matang dri oven, diamkan bbrp menit. Tata dipiring saji. Siram dg kuah gula
- Siap disajikan😊👏

Siap diguyur air gula 🍯🍞
😋😚

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Akhirnya, Sumpah Dokter! (Flashback Koass)

OSCE. Smt 3: END!

Berbaik-baik agar Baik